Kamis, 21 April 2011

laporan PKL

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dalam era globalisasi ini perkembangan Teknologi Informasi sangat luas dan keperluan manusia akan informasi tersebut sangat diperlukan, dengan adanya Teknologi Informasi diharapkan dapat mempermudah pekerjaan dan memberikan informasi tersebut dengan tepat dan tidak memerlukan waktu yang cukup lama.
Pada saat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL), penulis dapat mengembangkan kemampuan dalam memecahkan masalah dan mengembangkan sistem informasi yang ada di PT. Multi Persada Gatramegah ini.
Pada perusahaan tersebut banyak sekali pengolah sistem informasi yang manual, sehingga sangat tidak efektif dan efesien dari segi akurasi dan waktu. Adapun pengolah informasi tersebut masih dilakukan mesin ketik manual, menggunakan Microsoft Exel 2007 serta ada yang sudah menggunakan program aplikasi yaitu program UnderDOS.
Masalah ini dianggap penting oleh penulis agar terciptanya proses kerja yang efektif dan efesien dalam pengolahan informasi pada perusahaan ini.

1.2 Tujuan dan Manfaat
Adapun tujuan dan manfaat dalam pelaksanaan Prakter Kerja Lapangan (PKL) ini adalah:
1.2.1 Tujuan
Tujuan dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini yaitu menambah wawasan dam pengatahuan dalam dunia kerja kepada penulis.


1.2.2 Manfaat
Manfaat yang diperoleh selama Praktek Kerja Lapangan (PKL) yaitu :
1. Dapat menyiapkan diri dalam menghadapi lingkungan kerja setelah menyelesaikan studi.
2. Melihat secara langsung peran teknologi informasi dan komunikasi ditempat Praktek Kerja Lapangan.
3. Memenuhi kebutuhan pekerjaan ditempat Praktek Kerja Lapangan.
4. Dapat menyajikan hasil-hasil yang diperoleh selama kegiatan dalam bentuk Laporan Praktek Kerja Lapangan dan menggunakan hasil atau data dari kegiatan Praktek Kerja Lapangan untuk dikembangkan menjadi Tugas Akhir.


BAB II
TEMPAT PRAKTEK KERJA LAPANGAN

2.1 Gambaran Umum PT. Multi Persada Gatramegah
Penulis melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada kantor perusahaan PT. Multi Persada Gatramegah yang berlokasi jalan Pramuka Gang LP 1 No. 146 RT. 14 Kelurahan Lanjas Muara Teweh.
PT. Bakrie Sumatera Plantations Tbk, yang semula adalah NV Hollands Americansche Plantage Maatschappij (NV HAPM) didirikan pada tanggal 17 Mei 1891 yang merupakan milik Amerika.
Pada Bulan Mei 1942 (masa Perang Pasifik) tentara jepang mendarat di Desa Propok, Batu Bara dan kemudian mengambil alih Perusahaan Perkebunan HAPM ini seluruhnya, dan menamakannya perkebunan Noyen Konri Kyoku di ambil alih oleh Pemerintah Repiblik Indonesia, dan dinamakan Perusahaan Perkebunan NRI Cabang IV. Pada bulan Juli 1947, semua agresi atau perang melawan Belanda kembali dikuasai oleh NIB/ HAPM.
Pada tanggan 8 Februari 1957 NV HAPM diubah namanya menjadi United States Rubber Sumatera Plantation (PT. USRSP). Tanggal 2 Maret 1965 manajemen perusahaan PT. USRSP diambil alih oleh pemerintah RI, dan namanya diubah menjadi Perusahaan Perkebunan Negara Karet XVIII (PPN Karet XVIII).
Tanggal 20 Oktober 1967 manajemen PPN Karet XVIII ini diserahterimakan kambali kepada PT. USRSP yang diubah menjadi PT. Union Sumatera Plantation dan berkantor pusat di Middlebury Connecticut, USA. Kemudian tanggal 21 April 1986, saham-saham PT. Union Sumatera Plantation dibeli oleh Bakrie dan Brothers dan status PT. Union Sumatera Plantation berubah dari PMA menjadi PMDM.
Secara umum Bakrie dab Brothers Nusantara Cooporation merupakan dua lembaga yang berbeda, namun secara moril kedua lembaga usaha tersebut mempunyai kaitan yang erat, sebab keduanya saling membantu, melayani dan mengawasi. Keduanya juga memiliki pimpinan yang sama yakni Office of the President. Baik Bakrie dan Brothers maupun Bakrie Nusantara Cooporation menyandang nama “BAKRIE”, artinya keduanya memiliki identitas yang sama dan berpijak pada falsafah dan semangat yang sama, karena itu semua disebut Bakrie Group.
PT. BSP bergerak di bidang usaha perkebunan dan industri karet serta memperluas usahanya di seluruh belahan tanah air Indonesia, dan sekarang PT. BSP memperluas usahanya di Kalimantan.
PT. Bakrie Sumatera Plantations Tbk, memiliki beberapa anak perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya adalah PT. Multi Persada Gatramegah atau sering disebut PT. MPG.
PT. Multi Persada Gatramegah didirikan pada Bulan April 2008 di Kalimantan tengah tepatnya di Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara yang mempunyai lahan di KM 32 di jalan Puruk Cahu di desa Karamuan.
Perusahaan PT. Multi Persada Gatramegah (PT. MPG) yaitu perusahaan perkebunan kelapa sawit. Bidang usahanya terbentang dari penyiapan lahan dan tenaga kerja, pembibitan (Nursery), penanaman, perawatan. Untuk pemanenan PT. MPG belum menghasilkan TBS (Tandan Buah Segar) yaitu buah kelapa sawit yang siap untuk dipanen.
PT. Multi Persada Gatramegah mempunyai Visi dan Misi adalah sebagai berikut:
a. Visi
Menjadi industri agro yang holistik dan menjaga kesinambungan kesejahteraan para pemangku kepentingan
b. Misi
Mengembangkan usaha melalui peningkatan produktivitas, lahan, pabrik dan pemasaran, serta diversifikasi dan implementasi tata kelola perusahaan
yang baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar